Jumat, 01 Maret 2013

Girls' Generation

Girls' Generation (소녀시대; Sonyeo Shidae) adalah girlband asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2007.[1][2] Mereka juga dikenal dengan nama SNSD atau SoShi (소시), keduanya merupakan singkatan dari nama grup ini dalam bahasa Korea. Grup ini terdiri dari sembilan anggota: Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun.

Girls' Generation sudah mulai menarik perhatian di awal karir mereka lewat lagu-lagu seperti "Into the New World" dan "Kissing You", namun baru pada tahun 2009 mereka meraih popularitas yang signifikan lewat singel "Gee", yang kemudian dinamai sebagai Song of the Decade di Korea Selatan.[3] Grup ini semakin memantapkan posisi mereka di industri musik Korea dengan singel-singel berikutnya seperti "Tell Me Your Wish (Genie)", "Oh!, "Run Devil Run", dan "Hoot". Pada tahun 2011, mereka kembali ke kancah musik Korea dengan lagu "The Boys" yang dirilis dalam tiga bahasa: Korea, Jepang, dan untuk pertama kalinya, Inggris. Dalam rentang waktu lima tahun, grup ini telah berhasil menjual total sebanyak 4,4 juta album dan 30 juta singel digital.[4][5] Popularitas yang sangat tinggi di Korea Selatan berhasil mengantarkan mereka meraih titel "The Nation's Singers" dan "The Nation's Girl Group".[6] Sisa Journal menamakan grup ini sebagai entertainer paling berpengaruh pada tahun 2011 dan 2012, menjadikan mereka sebagai grup wanita pertama dalam sejarah yang berhasil masuk daftar tersebut.[7] Asia Today menempatkan mereka di peringkat ke-44 dalam daftar 50 Korean Power Leaders pada tahun 2011.[8] Forbes juga menyatakan grup ini sebagai most powerful entertainers di Korea Selatan untuk tahun 2011.[4]

Girls' Generation memulai debutnya di kancah musik Jepang pada tahun 2010 di bawah naungan label Nayutawave Records dengan merilis versi bahasa Jepang dari lagu hits mereka "Tell Me Your Wish (Genie)" dan "Gee". Album pertama mereka di Jepang, Girls' Generation yang dirilis pada bulan Juni 2011 merupakan album oleh sebuah grup asal Korea yang paling banyak terjual dalam sejarah tangga lagu Oricon.[9]

Pada bulan April 2012, S.M. Entertainment membentuk Girls' Generation-TTS, sub-unit pertama grup ini yang beranggotakan Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun. Album mini mereka, Twinkle, berhasil mencapai peringkat ke-126 di Billboard 200 yang merupakan posisi tertinggi yang pernah dicapai oleh album K-pop di chart tersebut sampai saat ini.[10]

Pada Januari 2013, kelompok melakukan comeback di Korea dengan album studio keempat (enam keseluruhan) I Got a Boy, yang segera menjadi hits domestik dan global, menerima all-kill pada chart Korea[11] dan debut di #1 di chart Billboard "World Albums".[12] Peluncuran album ini diikuti dengan serangkaian pertunjukan live. Kelompok ini juga akan memulai Second Japan Arena Tour mereka pada Februari 2013.
Karier
Pra-debut
Pembentukan Girls' Generation diumumkan pada 16 Juli 2007 disertai pengumuman resmi profil masing-masing anggota. Pada awalnya, mereka diberi nama Super Girl, versi wanita dari Super Junior.[14] Sebelum menjadi anggota Girls' Generation, mereka sudah dilatih sebagai penari dan penyanyi profesional. Sebagian di antaranya sudah dilatih di bidang akting dan modeling, serta berpengalaman menjadi model iklan di televisi dan majalah.

Anggota yang pertama kali mengikuti sistem pelatihan S.M. Entertainment adalah Jessica pada tahun 2000, setelah dia dan adiknya, Krystal Jung (sekarang anggota girlband f(x)), ditemukan oleh pencari bakat di sebuah mall saat sedang berlibur di Korea.[15] Jessica disusul oleh Sooyoung dan Hyoyeon yang juga masuk ke S.M. Entertainment pada tahun 2000. Sebelumnya, Hyoyeon belajar menari di Winners Dance School, sebuah sekolah tari di Korea Selatan yang terkenal dengan spesialisasi di hip-hop.[16][17] Sooyoung sudah terlebih dulu menjalani debut di Jepang pada tahun 2002 sebagai anggota dari duo bernama Routeθ. Grup ini bubar hanya dalam waktu tahun setelah pendiriannya.[18] Yuri adalah anggota berikutnya yang diterima di S.M. setelah menjadi juara kedua di kompetisi 2001 SM Youth Best Dancer. Yoona masuk pada tahun 2002 setelah audisi dengan menyanyi dan menarikan lagu-lagu dari penyanyi favoritnya, BoA dan Britney Spears. Setahun berikutnya, Seohyun mengikuti audisi dengan menyanyikan lagu anak-anak. Anggota terakhir yang dimasukkan ke grup adalah Sunny, yang masuk sistem pada tahun 1998 dan sudah menjalani pelatihan selama lima tahun sebelum pindah ke perusahaan lain, Starworld, di mana dia dilatih untuk menjadi bagian dari sebuah duo bernama "Sugar" yang pada akhirnya tidak jadi debut. Kemudian di bawah rekomendasi Ayumi dia pun kembali pindah ke S.M. Entertainment pada tahun 2007.[19] Sunny juga merupakan keponakan dari pendiri S.M. Entertainment, Lee Soo Man

2007–2008: Debut dan album pertama
Pada bulan Juli 2007, Girls' Generation menjalani penampilan pertama tak resmi di Mnet School of Rock, di mana mereka membawakan singel pertama mereka yang berjudul "Into the New World" (다시 만난 세계, Dasi Mannan Segye). Sebuah acara dokumenter yang menceritakan kisah debut grup ini bertajuk Girls' Generation Goes to School juga direkam pada saat itu, menampilkan para anggota saat mereka pindah ke sebuah apartemen bersama-sama dan berlatih untuk penampilan mereka nantinya di atas panggung.Singel pertama grup ini dirilis tak lama setelahnya, termasuk di dalamnya adalah versi instrumental dari "Into the New World" serta dua lagu lainnya: "Beginning" dan "Perfect for You." Girls' Generation memulai debutnya secara resmi pada 5 Agustus 2007 dengan tampil di SBS Inkigayo, yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan di MBC Music Core dan KBS Music Bank. "Into the New World" meraih posisi no. 1 di M! Countdown.

Grup ini merilis album pertama mereka pada akhir musim gugur tahun 2007 dengan singel utama berjudul "Girls' Generation" (소녀시대, Sonyeo Sidae), sebuah daur ulang dari lagu milik Lee Seung-chul. Promosi untuk singel ini dimulai pada awal November. Album ini juga memuat singel pertama mereka "Into the New World", "Perfect For You" (dengan judul baru "Honey"), serta delapan lagu lainnya, dan berhasil terjual lebih dari 100.000 keping. [21]

Pada awal 2008, Girls' Generation mulai mempromosikan singel kedua dari album pertama mereka, "Kissing You", yang mengantarkan grup ini memenangkan piala K-chart pertama mereka setelah berhasil menempati posisi pertama di Music Bank.[22] Lagu ini juga meraih ranking pertama di Inkigayo dan M.Countdown!.

Pada bulan Maret 2008, album pertama mereka dikemas dan dirilis ulang dengan judul baru Baby Baby. Girls' Generation merilis teaser untuk singel "Baby Baby" pada 15 Maret 2008. Singel ini dirilis di situs musik digital pada 17 Maret 2008. Mereka juga menampilkan "Baby Baby" di berbagai acara musik seperti Music Core, Inkigayo dan M! Countdown pada bulan Maret dan April. Promosi untuk album ini berakhir pada 13 April 2008 di Inkigayo.[23]

Jessica, Tiffany dan Seohyun ikut mengambil bagian dalam album mini yang dirilis oleh Roommate, sebuah one-man band dari Purple Communication. Album mini tersebut berjudul Roommate: Emotional Band Aid, dan dirilis pada 1 Desember 2008. Lagu yang mereka nyanyikan berjudul "Oppa Nappa" (오빠 나빠; Bad Brother) terlebih dahulu dirilis secara digital pada bulan April 2008. Lagu ini sempat dibawakan secara live di Inkigayo, Music Bank, dan M! Countdown.[24][25]

Tak lama kemudian, tiga anggota tersebut juga merilis "Mabinogi" (It's Fantastic!), sebuah lagu tema untuk game dari Nexon, Mabinogi.[26] Acara realitas Mnet Factory Girl mengisahkan tentang para anggota yang bekerja sebagai intern di majalah mode Elle Girl.[27] Program ini mulai tayang pada awal Oktober.[28] Pada akhir tahun 2008, grup ini juga berpartisipasi di konser SMTown Live '08 bersama artis-artis SM Town lainnya. Tur konser ini menyambangi tiga negara yakni Korea Selatan, Thailand, dan Cina.

Pada 26 Desember 2008, poster-poster anggota Girls' Generation mengenakan roller-skates terpampang di berbagai lokasi di Seoul.[29] Tak lama kemudian S.M. Entertainment mengonfirmasi bahwa poster-poster tersebut memang merupakan poster teaser dan Girls' Generation akan segera merilis album mini pertama mereka, Gee, pada bulan Januari 2009.[30]
2009: Gee, Tell Me Your Wish (Genie), tur Asia pertama, dan peningkatan popularitas
Sebuah video teaser dirilis pada Januari 2009 dan tak lama setelahnya, singel terbaru berjudul "Gee" pun dirilis. Lagu ini berhasil meraih posisi puncak di seluruh tangga lagu musik digital hanya dalam jangka waktu dua hari setelah dirilis.[31] Girls' Generation memulai aktivitas promosi pada Januari 2009 di MBC Show! Music Core di mana mereka menyanyikan "Gee" dan "Himnae (Way to Go)".

Seminggu setelah perilisan, "Gee" memperoleh posisi pertama di KBS Music Bank dan SBS Inkigayo. "Gee" menjadi sebuah hits fenomenal, memecahkan rekor di Music Bank untuk lagu yang paling lama berada di puncak yakni selama sembilan minggu berturut-turut, serta meraih triple crown di Inkigayo. S.M. Entertainment menyatakan bahwa lebih dari 100.000 kopi album ini telah didistribusikan, sementara perusahaan analisa penjualan Hanteo melaporkan album ini telah terjual lebih dari 30.000 kopi dalam sepuluh hari pertama setelah perilisan. Lagu ini juga menunjukkan dominasinya di tangga lagu lainnya, memuncaki tangga lagu Mujikon, Melon dan Mnet selama delapan minggu berturut-turut, Dosirak selama tujuh minggu, Muse selama enam minggu, dan Baksu selama empat minggu.[32][33] "Gee" mendapatkan gelar song of the decade dari situs musik Korea, MelOn.[34]

Pada Mei 2009, Girls' Generation membintangi reality show baru yang berjudul Girls' Generation's Horror Movie Factory. Program ini berakhir setelah enam episode karena rating yang rendah. Tak lama kemudian diumumkan bahwa program baru yang juga mereka bintangi bertajuk Himnaera Him! ("Cheer Up!") terpilih untuk mengisi slot kosong tersebut dan mulai tayang seminggu setelah episode terakhir dari Horror Movie Factory.[35] Namun seiring dengan perilisan album mini terbaru yang membuat mereka sibuk dengan kegiatan promosi, program tersebut terpaksa dihentikan setelah tayang sebanyak dua episode.[36] Pada hari penayangan episode final dari Cheer Up!, diumumkan bahwa Girls' Generation akan membintangi reality show baru di KBS Joy, berjudul Girls' Generation's Hello Baby yang tayang perdana pada 23 Juni 2009.[37]
Setelah rehat sejenak, S.M. Entertainment mengumukan bahwa Girls' Generation akan kembali dengan sebuah album mini baru yang menampilkan konsep "Marine Girl". Singel baru mereka diberi judul "Tell Me Your Wish (Genie)", dan albumnya dirilis secara digital pada 22 Juni 2009. Perilisan album dalam bentuk fisik ditunda oleh S.M. Entertainment untuk menggarap ulang cover album, dan akhirnya dirilis empat hari kemudian pada 29 Juni 2009.[38][39] Grup ini memulai kegiatan promosi pada 26 Juni 2009 dengan tampil di KBS Music Bank,[40] yang kemudian disusul dengan penampilan di MBC Show! Music Core dan SBS Inkigayo.

Kemenangan pertama mereka untuk singel "Genie" diperoleh pada 10 Juli 2009 di Music Bank, disusul kemenangan kedua di Inkigayo pada 12 Juli 2009. Kesuksesan lagu ini terbukti dengan keberhasilannya memuncaki berbagai tangga lagu digital, termasuk di antaranya Melon, Dosirak, Mnet, dan Bugs.[41] Penjualan album pada minggu pertama mencapai angka 50.000 kopi (hampir dua kali angka penjualan minggu pertama Gee), pencapaian yang tidak biasa untuk sebuah girl group Korea.[42] Per tahun 2010, album ini sudah terjual lebih dari 200.000 kopi.[43] Girls' Generation mengakhiri promosi untuk "Genie" pada 15 Agustus 2009.[44]

Pada bulan November 2009, S.M. Entertainment mengumumkan tur konser pertama Girls' Generation yang bertajuk Into the New World. Tiket untuk konser ini mulai dijual pada 19 November[45] dan berhasil terjual habis hanya dalam waktu tiga menit.[46] Tur dimulai di Olympic Park Fencing Stadium pada 19 dan 20 Desember dan berlanjut ke kota-kota lainnya di Asia, termasuk Shanghai.[47] Belakangan, diumumkan bahwa Girls' Generation akan menggelar konser encore pada 27 dan 28 Februari 2010.[48]
[sunting]
2010: Oh!, Run Devil Run, debut di Jepang dan Hoot

Pada bulan Januari, SM Entertainment mengonfirmasi bahwa Girls' Generation akan merilis album keduanya, Oh! pada tanggal 28 Januari.[49] Singel utama dari album tersebut yang berjudul "Oh!" dirilis secara digital pada 25 Januari disusul dengan video klipnya yang dirilis dua hari setelahnya.[50] Pada tanggal 30 Januari, kelompok dimulai promosi dengan rekaman MBC Show! Music Core.[51] Siaran penampilan mengalami pemadaman dekat akhir, dimana MBC membuat kinerja keseluruhan secara online yang tersedia dalam menanggapi hal ini.[52] Dengan "Oh!", kelompok menempati tempat pertama untuk memenangkan lima kali berturut-turut K-Chart di KBS Music Bank, serta mencapai triple crown pada SBS Inkigayo.[53] "Oh!" juga menang di Music Bank K-chart setengah tahun, datang pada kedua pada babak pertama grafik penjualan album Hanteo,[54] dan juga memenangkan K-Chart akhir tahun. Video musik peringkat sebagai nomor satu terbanyak dilihat di YouTube video di Korea pada akhir 2010. Juga nomor satu di Hong Kong dan membuat sepuluh besar baik di Taiwan dan peringkat Jepang.[55]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar